Selasa, 01 April 2008

Tulisan Awal

Untuk para pembaca, selamat datang di blog kami. Saya sengaja tidak menggunakan kata "saya" sebab harapan saya ke depannya nanti blog ini bisa digunakan untuk ajang menulis, diskusi, brainstorming, atau apapun bentuk tuangan pikiran kita yang mewujud menjadi sesuatu entah karya, tulisan, atau masih berupa ide dan gagasan.
Banyak budaya di sekitar kita yang masih berupa bahasa tutur dan belum menjadi bahasa tulis. Ada juga bahasa tulis yang dibuat di era jaman dulu dan generasi sekarang kehilangan alat untuk menginterpretasinya sehingga menjadi bias karena sudah dipolitisir oleh penginterpretasi yang belum tentu tepat.
Di sekitar kita banyak kearifan yang sudah pernah ada yang bersifat universal, non diskriminasi, dan bisa dinikmati oleh semua. Namun karena ada beberapa pihak yang mencoba menguasainya karena ambisinya yang kurang bijak dan jernih sehingga hal tersebut malah menjadi komoditi golongan tertentu untuk menguatkan dominasi mereka. Saya kira hasil budaya ketika ia diciptakan dulu tidak dimaksudkan untuk itu. Hanya generasi penerusnya yang kurang bijak dan jernih itu tadi yang malah membelokkan tujuan mulia bagi semesta tersebut.

Tidak ada komentar: